Kamis tanggal 14 Juli 2011 tunjangan Guru SD daerah terpencil cair, tambahan penghasilan untuk guru yang bertugas di daerah terpencil tersebut dibayar untuk periode januari sampai Juli. dibagikan oleh dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci kepada guru yang berhak menerima sekitar lebih kurang 60 orang guru.

didalam sambutan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci, Munadi mengatakan, "tambahan penghasilan itu sebagai bentuk penghargaan pemerintah terhadap para guru yang bertugas di daerah terpencil dan juga untuk memotivasi agar meningkatkan kinerja dalam menjalankan tugas" lebih lanjut beliau mengatakan "akan memantau sekolah-sekolah yang menerima tunjangan terpencil untuk di evaluasi terhadap kinerja mereka dilapangan"katanya.

Bagi para guru, tunjangan itu merupakan bentuk perhatian dan penghargaan  pemerintah terhadap jerih paya mereka selama ini, "Untuk datang ke sekolah pun kita kita harus berjuang, melewati hutan dan semak belukar, apalagi menghadapi para murid di sekolah yang hanya dapat mengakses pendidikan satu-satunya hanya lewat pendidikan formal di sekolah" imbuh Ismail salah seorang guru di SD Masgo jaya."dan mudah-mudahan tunjangan ini akan berlajut setiap tahunnya" tambah guru yang lain.

Memang ironis sekali kalau kita melihat dan datang ke lokasi tempat mereka bertugas, sebagian sekolah ada yang jauhnya sekitar 100 kilometer dari pusat ibukota kabupaten bahkan ada yang lebih,  jalan yang sulit dilalui kendaraan bahkan ada desa yang tidak ada perkampungannya hanya ada pondok-pondok petani yang tersebar di kebun masing-masing.  akan tetapi mereka tetap eksis untuk menjalankan kewajiban namun tidak dapat dipungkiri pula masih terdapat berbagai kekurangan-kekurangan bagi para guru namun hal tersebut secara sadar mungkin kita semua dapat memahaminya.

"terpencil bukanlah untuk di takuti,terpencil adalah iktiar dan perjuangan, disitu ada sepasang mata bundar yang butuh bantuan untuk melihat dunia luar...selamat berjuang kawan-kawanku guru terpencil...!!!!"

Leave a Reply