Situs Padamu Kemdikbud
walau hanya sekedar copas tetapi saya berharap postingan berikut ini akan memberikan bayak manfaat bagi para operator sekolah dan PTK di dalam melakukan proses verifikasi dan validasi ulang NUPTK level satu, berikut penjelasannya selamat menikmati semoga bermanfaat.
Berdasarkan surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No : 10741 / J / LL / 2013 melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) menyelenggarakan program mutu pendidikan. Dalam hal ini BPSDMPK-PMP melakukan pemutahiran data NUPTK untuk guru dan tenaga kependidikan yang akan dimulai pada tanggal 3 Juni sampai dengan 30 September 2013. Program ini mengintegrasikan proses layanan NUPTK dan layanan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dalam satu koridor berbasis online yang bisa diakses melalui situs http://padamu.kemdikbud.go.id/ .

Berdasarkan surat edaran tersebut diatas beban kerja wewenang dan tanggung jawab pengelolaan data NUPTK tingkat sekolah akan dibebankan kepada Admin / Operator sekolah masing-masing. Oleh karena itu dirasa perlu kami menginformasikan tata cara / prosedur Verifikasi Validitasi Ulang NUPTK agar para operator sekolah paham akan tugas dan wewenangnya dalam pemutahiran data NUPTK.

  • PROSEDUR VERIFIKASI VALIDITASI ULANG( VERVAL) NUPTK LVL 1
    Skema Alur Verval Level 1
1. Langkah pertama bagi operator sekolah adalah " mencari data diri PTK dan mengunduh formulir Verval      2013 melalui situs padamu.kemdikbud.go.id . 
  •  Buka Situs Padamu.kemdikbud.go.id
  •  Pada Kolom Unduh Formulir masukan nomor NUPTK PTK yang akan dicari data dirinya,kemudian masukan kota lokasi sekolah induk (dengan format kab/kota (spasi) nama kota/kab, (spasi)  nama propinsi) contoh :  Kota Bandung, Jawa Barat untuk kabupaten hanya perlu disingkat menjadi kab contoh : Kab Indramayu, Jawa Barat .
  • kemudian klik "CARI DATA"
Unduh Formulir Verval NUPTK 2013
  • maka sistem akan memulai pencarian data berdasarkan nomor dan lokasi ptk yang telah di entry pada kolom unduh formulir. Apabila data ditemukan muncul seperti pada gambar di bawah ini :

Prosedur Unduh Formulir Verval NUPTK
  •  Cek Kecocokan Nama, No NUPTK dan Sekolah tempat bertugas kemudian klik "Unduh"
  • Maka Akan Muncul Jendela pertanyaan Jawab dengan mengkilk bundaran pada pilihan jawaban setelah itu klik Unduh Formulir A01, seperti gambar yang tampak dibawah ini :
Klik Unduh Formulir Verval

 Catatan : 
1. Apabila Jawaban "anda seorang pengawas sekolah = bukan, anda masih aktif di sekolah induk ..............     = ya, maka data yang akan di unduh adalah formulir A01.
contoh formulir A01 seperti gambar di bawah ini :
contoh Formulir Verval A01
2. Apabila Jawaban "anda seorang pengawas = bukan, anda masih aktif disekolah induk ............ = tidak, Maka data yang akan di unduk adalah formulir A02
3. Apabila Jawaban "anda seorang pengawas = ya, maka data yang akan di unduh adalah formulir A04
4. Apabila No NUPTK ditemukan akan tetapi data sekolah induk belum diverifikasi maka data yang akan diunduh formulir A03.
  • Setelah formulir Verval terunduh, kemudian prin out formulir verval tersebut dan bagikan kepada PTK yang bersangkutan untuk diisi secara lengkap dan benar.
  • Pastikan Formulir Verval terisi secara lengkap dan benar oleh PTK bersangkutan,apabila dirasa belum lengkap atau kurang akurat dimohon untuk dikembalikan untuk diisi ulang/atau diperbaiki kelengkapan datanya.
  • Apabila sudah terisi dengan benar dan lengkap formulir verval dikumpulkan kepada Admin/Operator Sekolah untuk di validitasi online melalui login Operator Sekolah pada situs Padamu Kemdikbud (ini akan kita bahas pada kesempatan berikutnya)
Catatan : untuk formulir A03 setelah formulir terisi diserahkan kepada Admin Kab/Kota untuk di Validitasi, Apabila telah divaliditasi oleh Admin Kab/kota maka akan mendapat formulir A01.dan akan diserahkan kepada Admin / Operator Sekolah PTK yang bersangkutan untuk divaliditasi bersama formulis Verval A01 PTK lainnya.

Selesai Prosedur Verval NUPTK level 1, untuk prosedur Verval NUPTK level 2 akan kita bahas pada kesempatan lainnya.
Demikian Informasi Prosedur Verivikasi Validitasi Ulang NUPTK level 1, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan dapat membantu bagi kawan-kawan Operator Sekolah.

Sumber  : klik disini

Leave a Reply