lekuk 50 tumbi adalah sebutan lain dari "Komunitas Adat" masyarakat lempur, sebutan ini erat kaitannya dengan kebudayaan dan peradaban yang berkembang di hamparan renah yang luas dan sejuk tersebut, wilayahnya di apit oleh bulit-bukit dan gunung-gunung. salah satu gunungnya yang terkenal adalah gunung Batuah, gunung yang tidak terlalu tinggi penuh dengan bebatuan. namun konon katanya gunung ini dapat terlihat dari 2 propinsi lain selain jambi.


Di Lempur ini, banyak keunikan yang dapat dijumpai, seperti keunikan khas masyarakat adatnya yang masih mempertahankan adat istiadat leluhur untuk menjaga keaslian hutan dan kesatuan masyarakat adatnya. Hal ini menambah kesan tersendiri, saat mengunjungi ke wilayah ini.Desa Lempur, yang terletak pada ketinggian 1.300 meter dpl ini, memang sangat cocok bagi pecinta ekowisata (ecotoursm) mapun wisata petualangan. Sebab di Lempur ini, terdapat 5 danau yang sangat alami di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) tepatnya di kaki Gunung Batuah. Masing-masing, yaitu Danau Lingkat, Danau Nyalo, Danau Duo, Danau Kecil, dan Danau Kaco.
Danau Kaco
Danau Lingkat
danau Duo
selain potensi wisata tersebut diatas juga ada wisata sejarah, yakni sebuah mesjid tua dan kuno yang berumur ratusan tahun yaitu Mesjid Keramat Tuo, yang dibangun sekitar tahun 1887 Masehi. Kemudian para pelancong juga melihat lebih dekat keunikan rumah-rumah tua dan kuno miliik warga setempat yang usianya sekitar ratusan tahun, yang masih tetap berdiri kokoh hingga sekarang. (b21)


Di lempur kita juga dapat melakukan wisata budaya, yaitu berupa acara adat "kenduri sko" yang di gelar setiap tahun, setelah usai panen padi, pada acara tersebut kita dapat meyaksikan tari sakral yaitu tari tauh, pengukuhan gelas adat berupa pengangkatan depati baru dan parno sko. biasanya setiap pagelaran kenduri sko selalu di iringi oleh  pementasan seni dan hiburan.
Tari Tauh
wisata alam, dengan bentang alam yang hijau berlembah, membuat kawasan ini menantang untuk adventurer (pecinta petualangan) dan penggila fotography yang berada di wilayah dataran tinggi, diantara ketinggian 1.000 meter dpl sampai dengan 1.600 meter dpl.Disamping itu, para pelancong dapat menikmati keunikan dan keindahan alamnya. Apabila berkunjung ke Lempur ini, para pelancong dapat menikmati pemandangan 5 danau sekaligus di wilayah dataran tinggi yang masih asli dan perawan dijajaran serpanjang Pegunungan Bukit Barisan di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), yang dikelilingi dengan hutan lebat di sepanjang jalan.






Namun sayang potensi wisata yang ada tidak di kembangkan dengan baik, kurangnya promosi yang di lakukan, fasilitas penunjang pun sangat minim. seperti akses jalan ke tempat wisata tersebut, sarana transportasi dan akomodasi belum di upayakan secara maksimal untuk sebuah kawasan wisata yang ideal. padahal lempur adalah kawasan terlengkap untuk sebuah paket wisata di bandingkan dengan daerah lain yang ada di kabupaten kerinci

Leave a Reply