KERINCI - Pembukaan jalan baru yang menghubungkan Kerinci dengan Muko-Muko Provinsi Bengkulu yang saat ini begitu gencar diperjuangkan Akmal Taib, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pembangunan yang saat ini juga menjabat  Pj Walikota Sungaipenuh, terus mendapat dukungan dari masyarakat Kerinci dan Sungaipenuh.

Menurut masyarakat, pembukaan jalan tersebut akan membawa dampak positif bagi masyarakat Kerinci dan Sungaipenuh, baik di bidang pembangunan maupun di bidang perekonomian dan juga pendidikan. Pasalnya dengan dibukanya ruas jalan tersebut akan memperpendek jarak tempuh dari Kerinci ke Bengkulu. Dimana, jika jalan tersebut dibuka, jarak tempuh ke Ipuh Kabupaten Muko-Muko Bengkulu hanya berjarak lebih kurang 25 kilometer dengan jarak tempuh 30 menit hingga satu jam perjalanan.

Di samping itu juga dengan dibukanya ruas jalan tersebut, tentunya akan menambah pintu keluar dari Kerinci dan Sungaipenuh ke daerah tetangga. ‘’Selama ini jalan keluar dari Kerinci hanya tiga, dengan dibukanya ruas jalan Lempur-Ipuh akan menjadi empat pintu keluar,’’ ujar Heri, salah satu masyarakat dimintai komentarnya, kemarin.

Dia juga mengatakan ide cemerlang tersebut tentunya patut diapresiasi secara positif dan didukung sepenuhnya. ‘’Inikan untuk kepentingan masyarakat Kerinci dan Sungaipenuh secara keseluruhan, kita patut dukung penuh,’’ ujarnya. Sementara itu Akmal Taib saat dikonfirmasi Senin (25/04) kemarin menyambut baik dukungan tersebut. Dia mengatakan mudah-mudahan dengan dukungan itu jalan Kerinci-Ipuh segera terwujud. ‘’Kami sudah mendapat dukungan dari masyarakat Kerinci dan Sungaipenuh, termasuk juga dukungan dari masyarakat Kerinci dan Sungaipenuh di perantauan,’’ ungkap Akmal Thaib. Akmal juga mengatakan jika perjuangannya tidak main-main, bahkan dalam kunjungan Wakil Presiden dia telah menyampaikan usulan tersebut. Wakil Presiden menyambut positif usulan tersebut yang diikuti Menteri Kehutanan.

‘’Intinya Wakil Presiden dan Menteri Kehutanan setuju,’’ ujarnya. Saat ini, tambah Akmal pihaknya masih menunggu jadwal ekspos tentang wacana pembukaan jalan tersebut. Pihaknya bersama beberapa tim telah melakukan penyisiran atau melewati ruas jalan dengan berjalan kaki dari Lempur ke Ipuh Kabupaten Muko-Muko. ‘’Nanti video hasil penuyusuran ruas Kerinci-Ipuh Muko-Muko akan kami ekspos ke Kementrian Kehutanan,’’ terangnya.
Sumber  :Metrojambi.com

Leave a Reply